Situs Uang Gratis!

  • Menghapus Instalasi Ganda Saat Log on Windows

    Pernah tidak anda temukan saat booting log on windows, ada opsi 2 pilihan os windows yang harus dipilih untuk bisa masuk ke windows ???
    Kecuali bagi anda yang memang memakai 2 OS Windows di PC, itu memang lain soal ...

    Kasus yang sering kita temukan adalah adanya 2 OS Windows boot log on yang tidak sengaja ter-install akibat instalasi windows yang tidak sempurna.

    Seperti gambar ini contohnya :



    Pada saat booting, windows memberikan 2 pilihan OS untuk log on windows. Terlihat pada pilihan kedua OS masih dalam bentuk SETUP, ini berarti installasi windows yang pertama tidak sempurna dan tidak di hapus sebelum melakukan instalasi windows yang kedua.

    Ada cara untuk menghilangkan salah satu OS yang tidak diinginkan tersebut sehingga setiap kali log on windows kita tidak perlu melakukan pemilihan OS untuk log on.

    Kadang-kadang ketika muncul sebuah masalah di Windows XP (baik terkena virus atau kegagalan sistem), kita dengan mudahnya berpikir “Instal ulang aja”. Yap, cara praktis untuk menyelesaikan masalah di Windows adalah instal ulang. Sebelum instalasi, Windows melakukan pengecekan sistem operasi yang telah terinstal. Masalah akan muncul bila kita salah  memilih partisi yang akan digunakan untuk instalasi. Akibatnya akan ada dua buah Windows XP di dalam satu PC. Tandanya adalah muncul pilihan untuk memilih sistem operasi yang digunakan ketika pertama kali booting. Untuk menghilangkannya tidak bisa cuma dengan menghapus direktori WINDOWS. So?

    Untuk menghapus instalasi yang salah, pertama kali kita harus masuk ke instalasi yang benar. Setelah itu cari file boot.ini yang terletak di DRIVE C:. Isinya akan terlihat seperti di bawah ini:
    File boot.ini
    Gambar. File boot.ini

    Sebelum mengubah file boot.ini, sebaiknya anda mem-backup dahulu file tersebut. Bila terjadi kesalahan, anda hanya perlu mengganti file boot.ini yang salah dengan file backup boot.ini. Hapus salah satu baris di bawah [operating systems]. Baris yang dihapus merupakan instalasi windows xp yang ingin dihapus. Perhatikan bagian default. Bagian ini harus mengacu pada instalasi yang ingin dipertahankan. Simpan perubahan yang sudah dilakukan.
    Restart komputer anda. Bila proses booting lancar (tanpa ada pilihan dua sistem operasi), anda dapat menghapus file instalasi windows yang sudah tidak diperlukan.

    atau....

    Untuk menghilangkan salah satu boot os dapat dilakukan dengan meng-edit file boot.ini. Caranya :

    klik Start --> Run --> ketikkan : c:/boot.ini -->> ok atau Enter
    maka akan terbuka file boot.ini dalam bentuk notepad :

    [boot loader]
    timeout=30
    default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
    [operating systems]
    multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Windows XP Professional" /fastdetect
    multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS="Windows XP Professional" /fastdetect

    delete salah satu dari dua OS yang ter-list di file boot.ini (menurut pengalaman kasus yang sering ada, OS yang bermasalah selalu installasi OS yang pertama bukan yang terkahir, maka yang harus di delete adalah list no 2). Setelah di delete save kembali file boot.ini (simpan saja dengan pilihan save dan bukan save as).

    Restart kembali pc dan ALAKAZAMMMMMMMMMMM ... tidak ada lagi menu option untuk pilihan boot saat log on windows ...

    ok mudah-mudahan bermanfaat ya ...

3 komentar:

  1. Anonim mengatakan...

    alakazamm.......blank itu komputer.......dan siapkan,,,cd intaller lagi...dan anda....harus tunggu 3 jam lagi untuk ...menjadi windows yang normal......tidak percaya buktikan.....

  2. Anonim mengatakan...

    aturan........penulis mengatakan....biasanya OS yang terinstall / menurut pengalaman adalah yang terakhir, yaitu no 2,...tapi jika anda menghapusnya, berarti anda menghapus OS yang benar,....jadi setelah anda menghapusnya yang kemudian anda...men savenya....kemudian anda klik..ok...dan merestart kompi anda......lihat sendiri....dalam waktu 5 menit di monitor anda....akan blank...alias.....OS tidak bekerja semua. Jadi yang benar adalah hapus OS yang no 1, karena...menurut pengalaman...OS yang terakhir....itu yang dapat berjalan. atau hubungi lewat sms warung pataya 06283834517953.....dengan pesan awal SMS SYSTEM OS.....tanpa sandi ini sms tidak akan di tanggapi.....

  3. Mr.Rockmantic mengatakan...

    namun biasax OS no 2 yg semestinya dihapus, jd tinggal dibaca sj baris perintahnya..

Posting Komentar

Pengunjung Blog